Jumat, 16 September 2016

Cara Membersihkan Lensa Kamera Dslr Dengan Cepat Dan Aman

Cara Membersihkan Lensa Kamera Dslr Dengan Cepat Dan Aman, Cara membersihkan lensa camera memanglah gampang-gampang susah, bukan hanya kotoran/debu yang sering hinggap pada lensa camera kita semut/serangga juga sering kali mesuk dan mengkotori lensa camera milik kita, kotoran ini bukan hanya akan merusak bagian sistem dalam pada lensa camera kita namun juga akan mengganggu pada hasil jepretan camera kita sendiri. bagi pemula jangan asal buka dan membersihkan daleman lensa kita dengan begitu saja, terdapat slot-slot sensitif yang terdapat pada lensa camera kita apabika tergores akan berakibat patal. 

Dalam artikel ini saya akan memberitahu bagaimana sih cara membersihkan lensa camera dengan cepat dan mudah. ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan lensa camera kita dengan cepat dan aman diantanranya:



  1. Blower
    Salah satu alat pembersih kamera yang cukup populer digunakan, yakni Blower. Alat ini wajib Anda miliki karena mampu secara efektif membersihkan setiap bagian kamera. Bentuknya bulat lonjong dan biasanya terbuat dari karet. Lalu pada bagian bawahnya terdapat komponen perpanjang dengan lubang kecil pada ujungnya yang berfungsi untuk menghembuskan angin dari Blower.

    Cara penggunaannya, Anda bisa menekan-nekan bulatan Blower sambil mengarahkan ujung Blower ke bagian yang sedang dibersihkan, baik itu mirror, sensor dan lain-lain. Jadi kinerja alat ini seperti kompresor manual. Blower dipasaran banyak tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi.
     
  2. Lenspen
    Alat pembersih yang kedua adalah Lenspen yang sering digunakan untuk membersihkan lensa kamera. Atau Anda juga bisa menggunakan untuk pembersih lensa teropong, bercak lingkup aperture kecil, komponen teleskop, eyepieces, atau barang-barang yang memiliki komponen optik lain termasuk kaca mata.

    Lenspen mampu secara efektif membersihkan lensa dari debu serta bisa juga digunakan untuk menghilangkan finger print (tanda bercak jari) dan noda air yang sudah mengering pada lensa maupun filter. Ada pula Lenspen yang sengaja dirancang untuk pembersih layar LCD kamera, camcorder, ponsel dan lain-lain.
     
  3. Swab
    Alat pembersih kamera terpenting lainnya adalah Swab yang biasanya digunakan untuk membersihkan sensor kamera baik dari jenis CCD maupun CMOS. Swab merupakan sebuah penyeka dirancang untuk membersihkan sensor pencitraan Kamera DSLR serta permukaan optik yang sulit dijangkau lainnya.

    Swab harus bersih, steril dan aman dari kotoran lain dari luar. Pada ujung penyeka biasanya dirancang lebih lembut dan memiliki gagang kuat. Mungkin orang akan mengira bahwa Swab adalah plastik yang biasa digunakan untuk mengambil lem.
  4. Lens Tissue
    Tisu menjadi alat pembersih kamera berikutnya, dan untuk Lens Tiissue atau lensa tisu dirancang untuk lembut membersihkan semua jenis optik kaca yang ada pada lensa.

    Lens Tissue ini akan membantu menjaga optik lensa Anda bebas dari noda dan sidik jari, serta dapat mencegah adanya penyimpangan yang terjadi akibat kotoran yang masuk.
     
  5. Sensor Clean
    Bentuknya hampir sama seperti Swab, namun khusus untuk membersihkan sensor kamera. Penggunaannya juga bisa dipadukan dengan Swab, namun Sensor Clean menjadi awal untuk menghilangkan semua debu dan kotoran pada sensor sebelum proses selanjutnya dengan Swab.

    Penggunaanya, Anda bisa menarik Sensor Clean dari pinggir kanan sampai ke pinggir kiri (atau sebaliknya) dengan cara satu arah. Paket pembelian Sensor Clean merek biasanya juga diberi tambahan cairan pembersih.
     
  6. Cotton Bud
    Cotton bud tidak hanya dipergunakan untuk membersihkan kuping. Cotton bud yang bersih juga sering dimanfaatkan untuk membersihkan kamera, terutama sensor.

    Alat ini dipakai untuk membersihkan debu atau noda-noda yang kasat mata, sebelum Anda memolesnya dengan Sensor Clean maupun Swab. Yang perlu hati-hati adalah jangan sampai menekan sensor dengan alat ini karena bisa meninggalkan serat.
     
  7. Carian Pembersih Optik
    Cairan pembersih optik sering ditemukan pada toko-toko kacamata, atau bahkan Anda bisa mendapatkan gratis jika membeli produk kaca mata di toko tertentu. Cairan tersebut (banyak merek) bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lensa dari jamur.
    Tentunya dengan dipadukan dengan kain chamois yang steril dan bersih. Hanya saja untuk membersihkan lensa dari jamur perlu kehati-hatian ekstra, terutama saat melakukan pembongkaran.
Itudia beberapa peralatan yang dapat membersihkan lensa anda dari segala jenis kotoran yang menempel di lensa camera anda, dan tentunya tidak akan merusak mirror, viewfinder, layar LCD, body kamera atau bahkan sensor, Terimakasih telah mengunjungi websait kami, Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Dan tentunya membuat pengetahuan/wawasan anda bertambah banyak. Thank's :)


1 komentar:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus